PONDASI | PENGERTIAN | CIRI - CIRI UMUM | MANFAAT PONDASI

 

Pondasi adalah suatu bagian paling dasar dari konstruksi sebuah bangunan. Pondasi berfungsi untuk meneruskan beban dari bagian atas struktur ke lapisan paling bawah. Pondasi bangunan sangat penting, karena berfungsi sebagai penopang beban bagunan. Pondasi bangunan menjadi unsur penting untuk menghasilkan bangunan yang kuat dan kokoh.

Adapun persyaratan yang menjadikan pondasi sebagai bagian konstruksi yang baik dengan persyaratan sebagai berikut.

  • Dapat menyesuaikan terjadinya gerakan tanah yaitu mengembang, menyusut atau tanah yang tidak stabil
  • Cukup kuat untuk menghindari timbulnya patah geser tanah
  • Dapat menahan gangguan unsur-unsur kimiawi
  • Dapat menahan tekanan air yang dinamis


Selain itu, peletakan pondasi pun harus tepat, yaitu meletakkan konstruksi pondasi di atas kekuatan tanah atau daya dukung tanah yang kuat.


Ciri-Ciri  Umum Pondasi


  1. Dapat menahan beban-beban yang ada diatasnya, yaitu beban konstruksi, beban hidup, beban angin, beban gempa dan lain sebagainya sehingga bangunan tidak mengalami penurunan, keretakan atau bahkan roboh.
  2. Terbuat dari bahan bangunan yang kuat, bagus dan awet sehingga tetap dapat berfungsi dalam kurun waktu rencana pemakaian rumah.
  3. Tahan terhadap macam-macam organisme serta bahan kimia berbahaya yang bisa merusak konstruksi bangunan.
  4. Jenis pondasi disesuaikan dengan kondisi tanah dan bangunan, misalnya tanah lembek bisa menggunakan jenis pondasi cakar ayam, rumah 1 lantai cukup menggunakan pondasi batu kali sedangkan rumah 2 lantai perlu ditambahkan pondasi foot plat pada titik-titik kolom utama.
  5. Ada penambahan faktor keamanan beban yang dapat ditanggung pondasi, hal ini untuk mengantisipasi apabila dimasa depan ada penambahan konstruksi bangunan dengan beban diluar perencanaan sebelumnya sehingga bisa terancam bahaya keruntuhan.
  6. Jika menggunakan besi tulangan maka harus menggunakan selimut beton yang cukup tebal agar tidak mengalami karat sehingga bisa menimbulkan perlemahan struktur pondasi.


Manfaat Pondasi

  1. Menguatkan dan mempertahankan masa bangunan.
  2. Komponen utama sebuah bangunan.
  3. Tameng untuk mencegah pergeseran.
  4. Penahan jika terjadi penyesuaian bentuk tanah.
  5. Tameng atas gangguan unsur kimiawi.
  6. Membantu menahan pergerakan air

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama