Tanpa judul

Formula beton pengecoran didalam air atau dilaut memfokuskan pada kemampuan alir pada beton (Flowing Ability), kemampuan memadatkan dengan sendirinya (Self Consolidation), dan yang terpenting ialah beton bersifat kohesif sehingga menjaga campuran semen pada beton tidak terurai terkena air (wash out). Dan kebanyakan struktur pondasi cor atau laut adalah pondasi tiang pancang/paku bumi.

1. Metode Pipa Tremie
Teknik ini dipakai dalam jarak penuanga beton yang cukup jauh. Hoppe tremie berbentuk corong dan diujung bawahnya tersambung dengan pipa umumnya berdiameter 250mm. Proses pekerjaan dimuali dengan menuangkan campuran beton kedalam hopper yang diteruskan melalui pipa dan keluar melalui pipa tersebut ke area pengecoran yang dituju.

2. Metode Pompa
Tahap pengerjaan dalam metode ini adalah dengan memompa beton langsung keposisi finalnya. Pompa beton memiliki keuntungan efisiensi operasional dengan kecepatan waktu dan kebuhan pekerja yang minimal.

3. Metode dengan Katup Hydro
Untuk teknik pengecoran dilaut dengan katup hydro, maka perlu pipa nylon yang diameter 600mm yang akan berfungsi dalam penuangan beton didalam air atau didalam laut. Di bawahnya akan ditemui silinder yang berguna sebagai pelindung pipa. Prinsip kerjanya, katup hydro hampir sama dengan pipa tremi yang menyalurkan beton segar ke dalam air lewat pipa.

4.  Metode Toggle Bags/Karung
Caranya ialah dengan mengisi karung dengan beton segar. Fungsinya untuk memperlancar pengecoran didalam air. Untuk menghindari kehilangan beton maka ditambahkan 10% semen pada adonan beton. Karung perlu untuk dipantek/dipasak/dikekang hingga isian beton mengering/padat, baru kemudian dimasukkan kedalam air. Karena dilakukan didalam air, maka butuh penyelam untuk proses konstruksinya.
5. Konstruksi Caisson
Pondasi Caisson dirancang agar air dapat dipompa keluar dan lingkungan tetap kering. Teknik ini cukup efektif dalam konstruksi jembatan mapun menara yang melintasi air, laut ataupun sungai. Konstruksi ini bersifat permanen sehingga rancangan konstruksi tidak perlu diangkat kembali karena sudah menyatu dengan pengecoran.
6. Konstruksi Coferdam
Tidak seperti Caisson, konstruksi Coffedam bersifat sementara. Dibangun didalam atau didermaga sehingga ada bagian dari struktur yang terlihat melintasi level air. Dirancang agar isi air dapat dipompa keluar dan lingungan tetap kering. Umumnya terbuat dari struktur baja yang dilas dengan komponen yang terdiri dari sheet piles dan penahan cross bracing.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama